Isnin, 24 Disember 2012

khasiat buah mangga

Setiap orang pasti mengenal buah ini. Bentuknya bulat, warnanya isinya kuning, warna kulitnya umumnya hijau, isinya juga ada yang bersemburat merah dan rasanya manis. Buah ini tidak hanya disukai orang dewasa, tapi juga anak-anak. Mangga adalah buah tropika. Ketika masih mentah (muda), buah ini pun banyak dicari untuk dibuat rojak dan dicari oleh wanita yang hamil.

                                              
terliurnya!




Mangga adalah tanaman buah asli dari India. Namun kini, tersebar di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Tanaman Mangga bisa tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah dan berhawa panas. Tapi, ada juga juga yang boleh tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian hingga 600 meter di atas permukaan laut.

Mangga memiliki banyak varietas. Ada yang menyebutkan, setidaknnya terdapat 2.000 jenis mangga di dunia. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah mangga ternyata juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Sebab buah ini mengandung zat-zat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Khasiat buah mangga :

Para ahli meyakini mangga adalah sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, ya itu bahan penumpas kanker (cancer) yang baik. Mangga juga kaya vitamin antioksidan seperti vitamin C dan E. Satu buah mangga mengandung tujuh gram serat yang dapat membantu sistem pencernaan. Sebagian besar serat larut dalam air dan dapat menjaga kolesterol agar tetap normal.

Mangga memiliki sifat kimia dan efek farmakologis tertentu, yaitu bersifat pengelat (astringent), peluruh urine, penyegar, penambah napsu makan, pencahar ringan, peluruh dahak dan antioksidan. Kandungan asam(asid) galat pada mangga sangat baik untuk saluran pencernaan.

Sedangkan kandungan riboflavinnya sangat baik untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.
Mangga pun berkhasiat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya radang kulit, influenza, asma, gangguan pengelihatan, gusi berdarah, radang, radang saluran nafas,dan sesak nafas. Selain itu juga boleh mengatasi bisul, kudis, eksim, perut memulas, diare, mabuk perjalanan, cacingan, kurang nafsu makan, keputihan, gangguan menstruasi, hernia dan rematik.

                                       


ihsan google

Buah mangga antara buah yang paling disukai oleh semua golongan. Rasa yang manis, buah mangga boleh dijadikan jus, buah dalam makanan dan sebagainya. Amalkan makan mangga dan sedikit sebanyak ia dapat membantu meningkatkan tahap kesihatan diri kita.






banyak juga khasiat buah mangga ni kan kawan-kawan. jadi ayuh ke kedai cari buah mangga untuk di makan.


:)







xoxox
|fara ara|

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

say something here